ZAMAN
KEEMASAN ISLAM
Para
Ilmuawan Muslim dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Barat
Disusun untuk Memenuhi Tugas
Mandiri
Mata Kuliah Keterpaduan Islam dan
Iptek
Dosen Pengampu Bpk Edi Chandra,
S.Si, M.Ag
Disusun
Oleh:
Siti
Yuni Sufinah
59461214
Biologi B /
Semester VII
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
CIREBON
2 0 12
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
BIOGRAFI
SINGKAT PENULIS
Eugene
A. Myers merupakan penulis yang banyak menuliskan mengenai tokoh-tokoh ilmuwan
muslim. Salah satunya adalah buku The
Golden Age of Islam. Tidak banyak yang diketahui dari beliau, hanya
penjelasan singkat mengenai beliau adalah penulis uggul yang sangat menghormati
islam.
B.
SISTEMATIKA
UMUM BUKU
Buku
The Golden Age of Islam atau Zaman
keemasan Islam merupakan buku yang berisi dimana peradaban dan kebudayaan islam
mencapai puncaknya. Kemajuan peradaban dan kebudayaan islam ditandai dengan pesatnya
kemajuan dan penemuan-penemuan baru berbagai ilmu pengetahuan muslim ke
permukaan.
Buku
ini mengkaji dan mengulas para pemikir dan ilmuan muslim zaman keemasan islam
serta memperlihatkan proses kronologis transfer ilmu pengetahuan dari
arab-islam ke dunia barat, sekaligus membuktikan bahwa ilmuan barat banyak
berhutang budi dan terpengaruh oleh pemikiran ilmuan muslim melalui aktifitas
penterjemahan atas karya-karya mereka.
Buku
ini terdiri dari 8 bab, yang masing-masing mengulas para tokoh ilmuan muslim
pada zamannya. Buku ini terdiri dari 207 halaman. Walaupun sedikit tebal dan
banyak, buku ini sangat menarik untuk dibaca, karena kita sebagai umat muslim
akan mengetahui kenyataan di berbagai ilmu pengetahuan.
BAB
II
POKOK-POKOK ISI BUKU
A.
BAB
I ( Para pemikir Muslim Awal )
Ilmu
Pengetahuan yang kita nikmati saat ini tidak lepas dari penemuan ilmuan muslim.
Para pemikir muslim pada abad ke-8 M sudah mulai bermunculan dengan ide-ide
yang berbeda. terdapat beberapa tokoh muslim yang dibahas didalam buku ini yang
termasuk kedalam para pemikir muslim abad awal. Pemikir muslim tersebut
diantaranya :
1.
Al-Kindi
Al-kindi dengan
nama lengkap Abu Yusuf yakub Ibnu Ishaq al-kindi yang terkenal dengan filosof
arab. Ia merupakan satu-satunya filosof muslim hebat keturunan arab. Ia ilmuwan
dibanyak bidang, diantaranya matematika, astrologi, fisika, kedokteran,
farmasi, geografi, dan musik, bahkan beberapa karyanya diterjemahkan kedalam
bahasa yunani, ataupun karya-karyanya banyak diterjemahkan kedalam bahasa
yunani.
Penjelasan
mengenai pengaruh pemikiran dan karya al-kindi bisa saya kutip dari buku ini,
“Dua karyanya tentang geometri dan optik fisiologis dijadikan rujukan oleh
roger bacon dan ahli fisika jerman witelo”. Karya – karya al-kindi juga
diabadikan dalam beberapa tulisan yang dibukukan. Ia membuat buku mengenai
etika dan filsafat politik yg berjudul On
Morals & On Facilitating The Paths To The Virtues dan masih banyak
lainnya.
Pengaruhnya
sangat terasa sekali, bahkan menurut Geronimo cardano seorang ahli kedokteran
dan matematika berkebangsaan italia mengatakan kalau ia (al-kindi) adalah salah
satu dari dua belas pemikir besar dalam sejarah
2.
Al-Farghani
Ilmuan kedua
setelah al-kindi adalah ialah al-farghani. Ia merupakan ilmuan muslim yang
hidup satu zaman dengan al-kindi. Ia terkenal dengan karya terbesarnya The elements of Astronomy, karena ia
adalah salah seorang ahli astronomi terbesar yang pernah hidup baik di zamannya
maupun sampai zaman sekarang.
Pemikiran dan
karyanya mempengaruhi banyak ilmuan barat, salah satunya ialah Dante. Menurut
Paget Toynbee seorang ilmuan oxford menunjukan pengaruh besar al-farghani
terhadap pemikiran dante yang tertuang didalam bukunya Vita Nouva dan Convivio. Pemikiran al-farghani juga dijadikan bahan
rujukan oleh ilmuan-ilmuan setelahnya, karena konsep al-farghani masih terbukti
sampai sekarang dan masih dipakai oleh ilmuan lainnya.
3.
Al-Khawarizmi
Al-khawarizmi
pada bagian ketiga ini ialah seorang ilmuan muslim yang ahli pada bidang
matematika. Selain itu ia juga ahli dalam bidang astronomi dan geografi.
4.
Al-Razi
Ilmuan yang satu
ini terkenal dalam bidang kedokteran, karena kita bisa tau melalui karyanya
yaitu The spiritual physic yang
memperlihatkan ia adalah seorang psikolog dan ahli pengobatan. Selain itu
karyanya yang terkenal adalah a pleasure
pain theory (teori tentang senang dan sakit) karena menurutnya perasaan
senang akan muncul ketika kondisi yang mendahului penderitaan akibat perasaan
sakit itu muncul kembali.
5.
Al-Farabi
Al-farabi
seorang ilmuan yang hidup awal abad ke-9 sekitar tahun 900 M. Beliau banyak
menulis di berbagai bidang. Ia seorang ilmuan muslim yang sangat tertarik
dengan ilmu pengetahuan alam. Dua karyanya mengenai Logika antara lain Introduction to Logic dan Abridgement of
Logic menguatkan ketertarikan dia terhadap logika. Ia juga mengomentari
karya aristoteles yaitu Physic dalam bebrapa bukunya, salah satu buku yang
bisa menggambatkan komentar al-farabi yaituThe
Power of The Soul.
Selain ilmu
pengetahuan alam ia juga tertarik dengan ilmu sosiologi. The model of city merupakan karyanya, sedangkan dalam ilmu etika ia
menulis komentar yang bertujuan untuk mengomentari karya aristoteles pada zaman
sebelumnya yaitu Nicomachean Ethics.
Selain itu
al-farabi juga seorang filosof. Filsafatnya sangat terkenal dan memiliki kekhasannya
sendiri. Dalam buku ini saya kutip “sistem filsafat al-farabi dapat dibagi
dalam tiga bagian : logika, filsafat teoritis dimana metafisika dan psikologi
juga dibahas dan filsafat praktis yang membahas tentang etika dan politik.
Pengaruh
al-farabi terhadap pemikir-pemikir abad pertengahan dapat dilihat didalam
kajiannya terhadap karya Albertus magnus, seorang teolog, guru dan filosof abad
ke-13. Thomas aquinas merupakan murid albertus yang selalu mengikuti
tulisan-tulisan al-farabi. Banyak kutipan yang dituliskan oleh Aquinas yang
esensinya sama persis dengan apa yang dikemukakan oleh al-farabi.
6.
Al-Khawarizmi
Muhammad ibnu
Ahmad Al-khawarizmi yang hidup pada abad ke-9 yaitu tahun 950-976M. Ia menulis
mengenai kebudayaan muslim pada masanya yang tertuang dalam buku The keys of science. Menurutnya ilmu
pengetahuan bisa dibagi menjadi 2, kelompok ilmu pengetahuan pertama terdiri
dari teologi, puisi, sejarah, yurisprudensi, dll. Sedangkan untu kelompok ilmu
pengetahuan yang kedua terdiri dari ilmu logika, geometri, aritmatika,
mekanik,dll.
B.
BAB
II ( Ilmuwan Muslim Abad Kesebelas Masehi )
1.
Al-Biruni
Ilmuwan ini merupakan seorang
filosof, ahli matematika, ahli astronomi, ahli geografi, dan seorang
ensiklopedis. Ia banyak menulis mengenai sejarah, dalam salah satu bukunya
yaitu Chronology of Ancient Nations menceritakan
sejaran negara-negara kuno. Kontribusinya dalam bidang sains ditunjukan melalui
penjelasannya mengenai sistem kerja lintasan-lintasan alam dan cara kerja
sumber mata air dengan menggunakan prinsip-prinsip hidrostatik dari
bejana-bejana yang saling berhubungan dan estimasi cahaya yang diperkirakan
jauh lebih cepat dari kecepatan suara.
2.
Ibnu Al-Haitham
Ibnu al-haitam
merupakan seorang fisikawan terkemuka yang terkenal dibidang optik. Kitab
al-Munazir merupakan karyanya yang sangat terkenal dibidang optik. Kitab
tersebut meerupakan deskripsi ilmiah mengenai mata. Selain itu ia juga berusaha
mmeberikan pandangannya mengenai ketiingian atmosfer diatas bumi. Ia juga
meneliti mengenai pencahayaan yaitu pembiasan dan pemantulan. Karya-karyanya
banyak sekali dijadikan ryjukan oleh ilmuan barat. Salah satu karyanya yang
menjadi rujukan imuan barat adalah Question
of the Eye yang ditemukan pada karya
John Deckham mengenai optik.
3.
Al-Mawardi
Ia merupakan seeorang ahli politik yang
hidup di kota Basrah dan baghdad. Karya
utama yang mencerminkan ia adalah seorang ahli politik yaitu Kitab al-hakam al-Sulthaniyah yang
berisi mengenai prinsip-prinsip dalam pemerintahan. Selain itu karya-karya al-mawardi
banyak dijadikan rujukan oleh ilmuan muslim yang lain yaitu Ibnu Khaldun dalam
kitabnya yaitu Principles of Government.
4.
Ibnu Sina
Ibnu sina atau yang lebih dikenal dengan
Avicena merupakan salah satu ilmuan terbesar yang pernah dimiliki oleh islam. Ia
merupakan ilmuan sosial dan alam yang yang terkenal pada abad pertengahan. Ia
menelurkan banyak sekali karya, ibnu sina terkenal dengan enam puluh enam karya
yang berkaitan dengan filsafat, pengobatan, geometri, teologi dan seni. Salah
satu kitab yang sangat terkenal adalah Kitab
al-shifa yang berisi mengenai penyembuhan. Selain itu karya yang lain
adalah Kitab Qonun fi al-tibb atau
kitab tentang pengobatan.
Pengarug ibnu sina sangatlah terasa hingga
ke spanyol. Salah satu ilmuan muslim yang banyak terpengaruh oleh pemikiran
ibnu sina adalah Ibnu rushd. Selain ilmuan muslim juga terdapat ilmuan kristen
seperti maimonides. Bahkan pada buku tersebut juga disebutkan bahwa Thomas
Aquinas sedikit banyaknya terpengaruh oleh pemikiran ibnu sina.
C.
BAB
III ( Ilmuwan Muslim Abad Kedua Belas Masehi )
1.
Al-Ghazali
Al-Ghazali
merupakan ilmuan muslim yang amat terkenal pada zamannya hingga zaman sekarang.
Pemikirannya banyak mempengaruhi ilmuan dunia. Al-ghazali merupakan ilmuan yang
menggeluti di berbagai bidang. Ia merupakan seorang teolog, filosof, guru, dan
sufi. Ia menekuni banyak bidang dengan alasan tertentu. Menurutnya
bidang-bidang tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya terhadap tingkat
keimanan kita. Al-ghazali sempat mengalami krisis keagamaan selama 4 tahun.
Al-Ghazali
memebagi para pencari kebenaran kedalam 4 kelompok berbeda yaitu :
a) Para
teolog yang berhasil mencapai maksud-maksud teologi tapi tidak bisa menjelaskanlebih
jauh tentang doktrin mereka.
b) Para
filosof yang terdiri dari tiga kelompok yaitu kelompok materialis, kelompok
naturalis dan kelompok pemikir bebas.
c) Para
kelompok syiah yang berpendapat bahwa kebenaran tidaklah diperoleh melalui akal
tapi menerima perkataan imam ma’shum.
d) Para
sufi, al-ghazali menerima mistisme dan mempraktekannya.
2.
Omar Khayyam
Omar khayyam
yang tekenal dengan karya Rubaiyat nya.
Ia merupakan ahli matematika dan astronomi yang hebat. Ia adalah penemu
persamaan-persamaan pangkat lima dan seterusnya dan masih digunakan hingga
sekarang.
3.
Ibnu Tufail
Ibnu tufail
merupakan ilmuan yang sering menempati beberapa bidang pemerintahan. Ia pernah
menjadi sekertaris dari sejumlah gubernur di granada. Ia juga merupakan seorang
dokter bagi sultan. Karya ibnu tufail yang terkenal adalah Hayy Ibu Yaqzan yang berisi mengenai kemampuan manusia meskipun
tanpa didukung oleh kekuatan supranatural memungkinkan untuk memperoleh
pengetahuan tentang dunia luas.
4.
Ibnu Rushd
Ibnu Rushd
dikenal dengan sebutan Avveroes oleh dunia barat. Ia merupakan seorang dokter
pada zamannya, banyak sekali karya mengenai kedokterannya itu. Selain dikenal
sebagai dokter ia juga dikenal sebagai seorang filosof dan komentator, ia
merupakan seorang filosof skolatisme muslim pada abad itu. Ia juga merupakan
komentator utama bagi ajaran-ajaran Aristoteles.
Ibnu Rushd
merupakan ilmuan muslim yang banyak mengambil ajran dari al-Farabi dan Ibnu
Sina. Ia merupakan filosof handal dan sudah banyak menerjemahkan karya-karya
yunani ke dalam bahasa arab. Karyanya yang terkenal adalah bantahan untuk kitab
Tahafut al-Falasifah milik
Al-Ghazali. Karena ibnu Rushd adalah salah seorang ilmuan yang pemikirannya
kontra dengan pemikiran Al-Ghazali.
D.
BAB
IV ( Ibnu Arabi : Filosof Sufi dan Pemikiran Filsafat Mistisnya )
Ibnu
Arabi merupakan seorang filosof terkemuka pada abad ke-13. Ia memiliki banyak
karya yang sudah dibukukan. Beberapa karya miliknya yaitu :
a) Kitab al-Futuhat al-Makkiya
b) Kitab al-Isra Ila Maqam Al-Asra
c) Kitab tarjuman al-Ashwaq
d) Kitab Dhakhair al-Alaq
e) Fusus ul-Hikam
Ibnu Arabi terkenal juga dengan ahli sastra. Ia
banyak menuliskan puisi, The Treasure of
The Devoted merupakan buku yang berisi kumpulan puisi miliknya. Ia terkenal
dengan filsafat mistisnya. Tema dari filsafat mistisnya adalah bervariasi dan
komplek, salah satunya adalah ide mengenai Tuhan yang bresemayam di segala
sesuatu. Jika al-Quran menyebutkan Tiada Tuhan Selain Tuhan yang satu, akan
tetapi Ibnu Arabi menyebutkan Tiada sesuatu kecuali tuhan. Pemikirannya itu
menimbulkan pergeseran pengertrian dari ajaran monoteisme ke ajaran panteisme.
E.
BAB
V ( Ibnu Khaldun : Ide-Ide dan Pengaruh Pemikirannya )
Ibnu
Khaldun merupakan seorang pemikir, hakim, dan administrator negara. Karya
monumentalnya yang membuat ia terkenal antara lain adalah Kitab Al-Ibrar wa Diwan
al-Mubtada wa al-Khabar fi Ayyam al-Arab wa al-Ajam wa al-barbar wa man
Asarahum min Dhiwai al-Sultan ( Contoh-contoh instruktif dan kumpulan dari
dasar-dasar dan berita tentang sejarah bangsa Arab, Persia dan Barbar).
Ibnu
Khaldun mulai menulis tentang sejarah dunia semenjak ia dibawah lindungan
sebuah suku arab di Iran. Kitab Ibar merupakan kitabnya yang paling monumental,
kitab tersebut dibagi kedalam beberapa bagian yaitu :
a) Al-Muqaadimah
( The Prolegonema, sebuah pengantar filosofis )
b) Sejarah
orang-orang arab dan nabatin, Syiria,Persia, Yahudi, Yunani, dan Turki
c) Sejarah
Orang-Orang Barbar dan dinasti-dinasti muslim di afrika utara.
Ungkapan
Ibnu khaldun mengenai manusia dan masyarakat ialah, manusia tidaklah dapat
hidup sendiri, karena masyarakat sangatlah penting baginya. Dalam kehidupan
bernegara, ibnu khaldun melihat terdapat dua kekuatan yang dominan dalam hidup
bernegara yaitu kekuatan primitif atau ashabiyah dan kekuatan agama. Ibnu
khaldun juga memandang hukum-hukum universal sebagai hukum yang mungkin dapat
menjelaskan pertumbuhan dan runtuhnya peradaban.
F.
BAB
VI ( Translasi Ilmu Pengetahuan Dalam Dunia Islam 650 – 1000 M )
Setelah
abad ke-11 peradaban mulai bergeser ke wilayah barat. Pergeseran peradaban
kebanyak terjadi melalui asimilasi antara kebudayaan timur dan barat.Berikut
periode-periode dimana translasi ilmu pengetahuan dalam dunia islam terjadi.
1.
Periode 650 – 800 M
Periode ini
dimana awal kemajuan ilmu pengetahuan islam. Severus Sebokht merupakan pendeta
pada masa itu, dibawah kepemimpinannya biara menjadi salah satu pusat
pengetahuan yunani. Khalid Ibn yazid Ibn
Murawiya merupakan penguasa pada masa bani Umayyah dan filosof yang dianggap
sebagai orang yang mendorong para sarjana untuk menerjemahkan buku-buku yunani
ke dalam bahasa arab. Selain itu terdapat Al-mansyur yang merupakan penguasa
Abasyiyah yang banyak melakukan penerjemahan juga. Harun Al-rasyid juga seorang
penguasa yang ikut andil pada periode ini.
2.
Periode 800 – 900 M
Ilmuan pertama
pada abad ini yang dainggap sebagai pemrakarsa adalah Al-Makmun dari Baghdad,
ia merupakan khlaifah Abasyiyah yang mampu menerjemahkan banyak sekali
buku,karyanya melebihi Harun Al-Rasyid. Kemudian terdapat Abu Zakariyya Yahya
ibn Batriq yang menerjemahkan karya-karya Hipocrates tentang tanda-tanda
kematian.
Ilmuan lain yang
banyak berjasa dalam translasi ilmu pengetahuan dalam islam adalah :
a) Al
Kindi, seorang filosof terkenal (sudah dibahas dalam Bab I)
b) Jibrail
Ibn Bakhtyashu merupakan penerjemah handal keturunan Al-makmun dan Harun
Al-rasyid.
c) Abd
al-Masih Naima adalah ilmuan yang menerjemahkan beberapa karya Neoplatonik.
d) Sahl
al-Thabari merupakan seorang ahli astronomi yang menerjemahkan Almagest karya
Ptolemy
e) Dsb
3.
Periode 900 – 1000 M
Pada periode ini
merupakan periode dimana wilayah barat mulai banyak mempengaruhi translasi ilmu
pengetahuan dunia islam. Beberapa ilmuan yang ikut andil dalam penerjemahan
periode tersebut yaitu :
a) Matta
ibn Yunus menerjemahkan Analytica
posterior dan Posteis karya Aristoteles
ke dalam bahasa Arab
b) Yahya
Ibn Adi ia juga merupakan penerjemah murid Al-farabi
c) Abu
Utsman al-Dismisqhi ia merupakan tabib sekaligs penerjemah dari karya-karya
aristoteles
d) Al-Hakam
II , ia merupakan khalifah umayyah yang paling terdidik. Ia seorang sarjana
yang banyak memberikan pengaruh pada zamannya, karena jasanya lah Cordova
menjadi kota islam terbesar kedua.
e) Abul
Wafa dan Hasdai Ibn Sharprut yang juga seorang penerjemah pada periode
tersebut.
G.
BAB
VII ( Translasi Ilmu Pengetahuan dan pengaruhnya Terhadap Dunia)
Proses
penerjemahan membawa islam kepada puncak kepemimpinan budaya dan peradaban.
Aktivitas penerjemahan oleh dunia barat dimulai oleh Constantine, ia banyak
menerjemahkan karya-karya dari bahasa arab ke bahasa latin dalam bidang
kedokteran.
1.
Paroh Pertama abad Ke-12
a) Adelard
Of Bath keturunan Inggris yang menerjemahkan Tabel Astronomi dari karya
Al-khawarizmi, karya-karya lainnya dalam bidang matematika
b) John
Of Seville keturunan spanyol yang menerjemahkan Arithmetic karya al-khawarizmi,
Kitab fi-Harakat al-Samawi Wa Jami Ilm al-Nujm karya al-Farghani, dan masih
banyak lainnya.
c) Domingo
Gundisalvo yang menerjemahkan karya-karya al-farabi dan ibnu sina
d) Herman
The Dalmatian juga banyak menerjemahkan karya Al-Khawarizmi
e) Hugh
Of Santalla banyak menerjemahkan karya Al-Biruni dan Al-Farghani
f) Dsb
2.
Paroh Kedua Abad Ke-12
a) Gerard
of Cremona banyak menerjemahkan karya matta ibn Yunus, selain itu juga banyak
menerjemahkan banyak karya di bidang filsafat, ilmu astronomi, ilmu kedokteran
dan lain sebagainya.
b) Marc
Of Toledo merupakan ilmuan kristen yang menerjemahkan al-Quran kedalam bahasa
latin dan beberapa karya Hubain Ibn Ishaq.
c) Joseph
Qimih seorang yahudi berkebangsaan spanyol yang menerjemahkan banyak kitab
tentang etika.
d) Judan
Ibn Tibbon seorang yahudi yang menerjemahkan hampir sama dengan apa yang
dilakukan oleh Joseph Qimih
e) Dsb
3.
Paroh Pertama abad Ke-13
a)
Alfred Of Sareshel seorang keturunan
Inggris yang menerjemahkan karya Hunain Ibn Ishaq, ia juga banyak menerjemahkan
karya dibidang metereologi
b)
Michael Scot, ia banyak menerjemahkan
karya-karya ilmuan muslim ke bahasa latin, salah satu yang diterjemahkan adalah
karyanya Aristoteles yang disertai Ibnu Rushd.
c)
Steven Of Saragossa dan Peter Gallego
juga adalah ilmuan kristen yang banyak menerjemahkan karya ilmuan muslim.
d)
Dsb
4.
Paroh Kedua Abad Ke-13
a)
Arnold of Villanova banyak menerjemahkan
karya Al-Kindi Risala fi-marifat
b)
Giovanny Companus menerjemahkan Elements
karya Euclid dari bahasa arab ke bahasa kristen
c)
William Of Moerbeke banyak menerjemahkan
karya Hipocrates dan Prognostics
d)
Bonacosa yang terkenal dengan
terjemahannya karya Ibnu Rushd yaitu Kulliyat Fil Tibb
e) Dsb
5.
Paroh Pertama abad Ke-14
a) Stephen
Son Of Arnold banyak menerjemahkan buku-buku Qusta Ibn Luqa
b) Judah
Bonsenyor menerjemahkan karya Ibn Gabriol mengenai perbaikan kualitas Moral
c) Dsb
6.
Paroh Kedua Abad Ke-14
a) Joseph
Ben Joshua melakukan banyak revisi atau perbaikan penerjemahan yang dilakukan
oleh Maimonides tentang seni dan Logika
b) David
Ibn Yaish banyak menerjemahkan buku-buku mengenai ekonomi dan domestik
c) Judah
Ben solomon selain menerjemahkan juga merevisi terjemahan sebelumnya oleh
ilmuan Arnold of Villanova
d) Dsb
H.
BAB
VIII ( Proses Translasi dan Munculnya Peradaban Barat )
Akhir
abad ke-12 dan awal abad ke-13 merupakan masa transisi, penyerapan dan
perpaduan. Islam merupakan agama dari kebudayaan termuda saat itu, namun sudah
banyak ilmuan muslim yang menghasilkan karya-karya nya dari awal abad ke-8. Pada pertengahan abad ke-13 munculah sebuah
peradaban baru di Eropa-Barat yang secara makna merupakan gabungan dari
yunani-arab latin. Keab kemudian pada akhir abad ke-13, para ilmuan kristen
mengambil alih kepemimpinan kebudayaan. Maka sejak saat itulah mereka meenjadi
peletak dari kebudayaan modern.
Proses
penterjemahan karya dari bahasa arab ke bahasa yunani ataupun ke bahasa-bahasa
yang lainnya dilakukan pada rentang abad ke-12 dan ke-13, oleh karena itu
ilmuan selain ilmuan muslim sangat tergantung sekali oleh karya-karya ilmuan
muslim yang banyak melahirkan penemuan baru. Dengan demikian pengaruh arab
disebabkan dan dibawa melalui penerjemahan.
BAB
III
ANALISIS
ISI BUKU
A.
KOMENTAR
PENYAJI
Buku
zaman keemasan islam karangan Eugene A.Myers berisi mengenai tokoh-tokoh
ilmuwan muslim yang berjaya pada zamannya. Dimulai dari ilmuan muslim abad
ke-8, salah satu contoh ilmuwan muslim pada abad tersebut adalah Al-Kindi, pada
bagian pertama telah disebutkan bahwa al-kindi merupakan filosof pertama yang
terkemuka. Ia dikenal dnegan al-kindus, pemikirannya mempengaruhi dunia barat.
Pada buku lain karangan M.Natsir Arasyad juga dijelaskan bahwa al-kindi selain seorang
filsuf juga sebagai seorang ilmuwan. Dalam bukunya pula ia adalah seorang
ilmuwan yang memiliki perpustakaan yang dinamakan al-kindiyah.
Selain
al-kindi, M.Natsir Arasyad juga menuliskan beberapa ilmuan terkenal lainnya,
seperti Al-Khawarizmi seorang ahli matematika pertama, lalu Al-Farghani seorang
astronom yang karyanya banyak diterjemahkan, kemudian Zakariyya ar-Razi seorang
dokter penemu penyakit cacar dan darah tinggi. Ilmuwan-ilmuwan tersebut hidup
diabad 8 dan 9, masih banyak lagi ilmuan lainnya yang hidup pada zaman
tersebut.
Ilmuwan
yang hidup pada abad ke-10- 12yang dibahas juga pada buku M.Natsir antara lain
Al-Farabi seorang komentator aristoteles yang sangat cerdas, lalu al-khawarazmi
yaitu penulis ensiklopedi dari berbagai disiplin ilmu. Kemudian Ibnu Al-Haytam
ahli Fisika yang disegani bacon, da Vinci
dan keppler, lalu al-biruni seorang eperimentalis yang memiliki
pengetahuan lengkap, jujur dan objektif, kemudian Ibnu Sina seorang dokter yang
disebut sebut Raja-dirajanya dokter, karena menemukan macam-macam ilmu. Selain
itu masih ada omar Khayyam seorang pencipta Rubaiyyat yang sangat ahli dalam
aljabar, lalu Ibnu Rusyd seorang ilmuan perintis ilmu kedokteran umum, lalu
Ibnu Tufail yaitu sahabat ibnu Rusyd yang mengarang Hayy Ibn Yaqzan.
Dari
pemaparan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa para ilmuwan muslim tidak hanya
ahli pada satu bidang saja, tetapi mereka merupakan contoh ilmuan yang ahli
dibanyak bidang, selain sebagai filsuf ada yang berprofesi sebagai dokter, ahli
matematika, ahli astronomi, dan lain sebagainya.
Ilmu
pengetahuan yang dimiliki oleh dunia barat hampir 90% “mencontek” karya ilmuan
muslim yang pernah kita miliki. Mereka dengan cerdas melakukan penterjemahan
buku-buku yang mereka anggap penting dan bagus untuk nantinya mereka pelajari.
Tetapi dunia barat sekarang tidak mengakui bahwasanya mereka mendapatkan ilmu
tersebut darimana, dan tidak menghormati penemuan-penemuan ilmuan muslim yang
pernah kita miliki.
B.
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN BUKU
Buku
zaman keemasan islam menguak fakta-fakta yang dimiliki oleh islam, khususnya dari
kekayaan ilmuwan muslim di dunia. Buku ini banyak menceritakan ilmuan dari abad
ke-8 sampai dengan abad ke-12 M, dalam penyampaiannya buku ini memiliki
kelebihan dan kekurangan. Walaupun memiliki kekurangan, tetapi buku ini sangat
bagus untuk dibaca karena akan memperkaya ilmu dan wawasan kita mengenai ilmuan
muslim dan karya-karya mereka yang cmeerlang.
Kelebihan
buku zaman keemasan islam adalah bahasa yang mudah untuk kita pahami. Buku ini
merupakan buku terjemahan karya Eugene A.Myers, walaupun terjemahan tetapi
membaca sekali sangat cukup bagi saya. Selain bahasa yang mudah, pemaparan
penulis sangatlah luas. Beberapa ilmuan dituliskan dengan sangat detail,
misalnya saja al-farabi dan al-ghazali. Karya al-farabi banyak ditiru oleh st.Thomas
aquinas, maka dari itu penulis memaparkan beberapa bukti tulisan al-farabi yang
disandingkan dengan thomas aquinas. Selain al-farabi penulis juga banyak
memaparkan mengenai al-Ghazali. Penulis banyak membahas mengenai
karya-karyanya, dengan bahasa yang lugas ia menuliskan beberapa bukti
al-ghazali.
Dari
penjelasan mengenai kelebihan buku tersebut, terselip beberapa kekurangan yang
menurut saya harus dibahas pada bagian ini. Penulis memaparkan setiap ilmuwan
tidak sama banyak porsinya. Seperti al-farabi ataupun al-ghazali yang sangat
detail, ada beberapa misalnya al-khawarazmi, omar khayyam yang sedikit sekali
pembahasannya. Alangkah lebih baiknya jika setiap ilmuwan yang dibahas itu
porsinya sama banyak, jadi kita bisa mengetahui seberapa penting karya-karyanya
dan seberapa jauh pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan di dunia modern ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Amin, Husayu Ahmad. 1995. Seratus Tokoh Dalam Sejarah Islam. Rosdakarya: Bandung
Arasyad, M.natsir. 1995. Ilmuwan Muslim Sepanjang Sejarah. Penerbit Mizan:Bandung
Myers, Eugene A. 2003. Zaman Keemasan Islam (Para Ilmuwan Muslim dan Pengaruhnya terhadap
Dunia Barat). Fajar Pustaka Baru : Yogyakarta
Casinos Near Casinos in San Francisco - Mapyro
BalasHapus1. 충주 출장마사지 Borgata Hotel 광주 출장마사지 & Casino - 화성 출장안마 1 서귀포 출장샵 Borgata Way. Atlantic City, NJ 08401 - Use this simple form to find casinos and other lodging 밀양 출장안마 near Atlantic City.